Thursday, November 9, 2017

Curug Winong Wisata alam di Wonosobo yang belum terjamah

Selain Telaga Menjer, tempat wisata di wonosobo lainnya yang terkenal adalah obyek wisata Curug Winong. Obyek wisata ini berupa Air terjun (curug) yang berlokasi di wilayah Desa Winongsari, tepatnya di Dusun Temanggung, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. Lokasinya yang berada di arel hutan menjadikan obyek wisata ini tidak hanya menawarkan estetika air terjun, namun juga menawarkan keindahan alam pegunungan khas Wonosobo yang sangat indah dan mempesona.

Meski obyek wisata Curug Winong ini berada di pedalaman hutan, tetapi akses menuju tempat ini cukup mudah. Perjalanan menuju gerbang Kampung Winongsari akan sungguh berkesan, lantaran di sebelah kanan dan kiri jalan raya yang mulus beraspal dan berkelok ini terdapat pemandangan hutan pinus dan pegunungan.
Jarak dari gerbang Desa Winongsari ke loket wisata Curug Winong berjarak kurang lebih lima ratus meter melalui jalan kampung. Sayangnya, jalan kampung ini tidak semulus jalan raya yang dilewati sebelumnya.
Sesudah tiba di area loket, pengunjung tinggal memakirkan kendaraan di area parkiran yang sudah disediakan. Biaya parkir cuma dua ribu rupiah per motor, sedangkan tiket masuk ke area wisata Curug Winong hanya 1.000 per orang (di hari libur, naik jadi 2.000 per orang). Harga yang sungguh murah untuk satu tiket masuk ke obyek wisata.
Dari loket, perjalanan berjarak sekitar 500 meter ke lokasi kawasan wisata Curug Winong dilanjutkan sambil berjalan kaki. Di seratus meter pertama, jalan-nya sudah dipaving, sedangkan sisanya berupa jalan setapak. Selama menempuh jalan setapak ini, pengunjung-pengunjung bisa menikmati indahnya persawahan Desa Winongsari beserta sungai jernih yang mengalir di sisi kiri jalan. Perjalanan itu hanya membutuhkan waktu sekitar lima belas menit saja menuju lokasi Curug Winong.
Di Lokasi wisata Curug Winong, pengunjung-pengunjung akan langsung disuguhi dengan indahnya pemandangan air terjun yang berketinggian nyaris tujuh puluh meter dengan bentuk permukaan turunan yang menyerupai seluncur.

Topografi turunan Curug Winong yang menyerupai seluncur dengan kemiringan tidak lebih dari 70 derajat membuat tidak sedikit pengunjung berlomba-lomba untuk bisa memanjat naik ke atas. Dari atas bakal terlihat jelas panorama alam sekitarnya yang masih sungguh asri dan alami.
Fasilitas di sekitar area wisata Curug Winong cukup memadai. Di kawasan ini terdapat toilet serta warung-warung yang menjual snack, berbagai makanan ringan, juga minuman. Waktu mengunjungi Curug Winong ini disempatkan oleh pastikan untuk kalau kebetulan Anda sedang berada di Wonosobo

No comments:

Post a Comment